Selasa, 01 Desember 2009

* Home * About 5 Tips Belajar Coding Otodidak (Web Programming)

April 9, 2008

Kemarin waktu ikut dollar ngepet, ada yg bertanya tentang bagaimana caranya belajar pemrograman..Karena saya belajar pemrograman cuma otodidak, lha wong kuliah di ekonomi manajemen, tapi belajarnya malah coding PHP :) ..saya cuma bisa menjawab pengalamannya saya saja.

Ini beberapa tips dari saya untuk belajar pemrograman (web programming):

  1. Ambil contoh program jadi, kemudian hilangkan beberapa fungsi/kode2. Hasilnya? Kemungkinan besar error!! Error inilah yang diharapkan. Dari error ini kita bisa mengerti arti dari kode-kode tersebut. Menurut saya, kita tidak mungkin kesulitan belajar klo cuma dari program/script jadi tanpa mengerti dulu arti kode-kode. Cara satu-satunya agar tahu kode-kode cuma dari error inilah. Dan saya jamin kalau kita serius, kita bisa mendapat banyak ilmu dari error ini, dengan catatan kita juga harus bisa memperbaiki dunk.. :)
  2. CMS (Content Management System). Jaman sekarang semua orang kemungkinan besar sudah tahu mengenai CMS, atau bahkan telah memakai salah satu dari sekian banyak CMS. Kalau kita memang niat untuk belajar mengenai web programming, CMS adalah rujukan terbaik. Otak-atiklah CMS, rusak gpp (baca item no.1), yang penting kita bisa mengerti cara bikin website (pemrograman webstie) dari CMS tersebut.
  3. Buku. Nah kalau yang ini harus mau mengeluarkan ’sedikit’ modal untuk belajar dan kayaknya gak perlu penjelasan lebih lanjut lagi mengenai ini :) .
  4. Googling. Internet adalah sumber ilmu terbesar di dunia saat ini :) .
  5. Malu bertanya sesat di jalan. Banyak-banyaklah bertanya kepada yang udah ‘jagoan’. Untuk tips ini, saya ada sedikit saran –> jangan malu bertanya tetapi harus siap dimalu-maluin. Kenapa? Mending lakuin aja dulu, ntar juga pasti ngerasain apa itu yang saya sebut siap dimalu-maluin :) . Intinya butuh mental :) .

5 tips ini saya dapat hanya dari pengalaman saya saja dan semuanya sudah terbukti :) . Ada tips lain? Dibagi-bagi dunk ilmunya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar